Newbie Belajar Akuntansi


Wednesday, April 23, 2014

Cara Posting Buku Besar (Ledger)



Cara Posting Buku Besar (Ledger) - Buku besar (Ledger) adalah kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yangtelah dicatat dalam jurnal.Buku besar juga dapat diartikan tahapan catatan terakhirdalam akuntansi (book of final entry) yang menampung ringkasan data yang sudah dikelompokan atau diklasifikasikan yang berasal dari jurnal.

Ada banyak bentuk Buku Besar, tetapi yang akan kita bahas disini adalah konsep dari cara posting buku besar yang berasal dari jurnal-jurnal yang ada. Prinsipnya, Buku Besar adalah kumpulan akun-akun sesuai klasifikasinya, Buku Besar Kas Kecil, maka dia berisi kumpulan akun-akun Kas Kecil, begitu pula untuk akun-akun yang lain. Jika kita sudah mengerti logika dari proses posting uku besar maka model ataupun template Buku Besar apapun akan bisa kita kerjakan. Untuk itu akan dipaparkan ilustrasi sederhananya, noobakuntan.info selalu berusaha membuat ilustrasi sesederhana mungkin supaya esensi dari sebuah hal dapat dipahami.

Selama bulan Januari PT ABC melakukan pencatat jurnal seperti gambar dibawah ini:
posting buku besar

Dari data-data jurnal atas transaksi di bulan Januari seperti diatas akan dibuat Buku Besar dengan cara posting ke Buku Besar masing-masing akun. Lihat jawaban dibawah ini:









Untuk Pendapatan dan Beban-beban di posting dengan cara yang sama dengan akun-akun yang lain. Silahkan akun Pendapatan dan Beban dipakai untuk latihan. :)

Kesimpulannya, proses Posting Buku Besar adalah proses mengelompokkan akun-akun. Seperti apa format tampilannya tidak akan membuat kita bingung selama kita tahu logika dan esensi dari proses posting tersebut.


Salam.

Cara Posting Buku Besar (Ledger) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Danang Widi

0 comments:

Post a Comment