Newbie Belajar Akuntansi


Sunday, May 4, 2014

Perbedaan Beban dan Biaya

perbedaan beban dan biaya


Perbedaan Beban dan Biaya - Terkadang kita sedikit bingung dengan apa perbedaan Beban dan Biaya. Sekilas sepertinya sama saja, namus secara akuntansi, Beban dan Biaya adalah dua hal yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Pengertian
  • Biaya (Cost) adalah pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memperoleh barang dan jasa.
  • Beban (Expense) adalah expired cost yaitu pengorbanan yang diperlukan atau dikeluarkan untuk merealisasi hasil, beban ini dikaitkan dengan revenue pada periode yang berjalan.


Biaya atau Cost  adalah sesuatu yang dikeluarkan atau dikorbankan untuk mendapatkan keuntungan atau manfaat secara ekonomis dimasa mendatang, misalnya pembelian aset tetap. Sedangkan untuk konsep Beban atau Expense sendiri adalah Sesuatu yang dikorbankan atau dikeluarkan dalam rangka memperoleh pendapatan, misalnya beban gaji, beban penyusutan, beban administrasi, dsb.

Expense  adalah cost yang dipakai untuk mendatangkan revenue (menjalankan aktifitas utama bisnis).

Penyajian di Laporan Keuangan
  1. Biaya (cost) disajikan di Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Balance Sheet) biaya-biaya yang dianggap akan memberi manfaat dimasa yang akan datang, berupa aset (Sewa dibawar dimuka misalnya).
  2. Beban disajikan di Laporan Laba Rugi

2 Januari 2014 Perusahaan membeli aset tetap berupa bangunan senilai 100.000.000, umur ekonomis 20 tahun (5%).

Dari kondisi diatas, perusahaan mengeluarkan Biaya untuk mendapatkan aset sebesar 1.000.000, dan biaya tersebut disajikan di Laporan Posisi Keuangan (Neraca) sebagai Aset Tetap.

Pada 31 Desember 2014 Perusahaan mencatat Beban (Penyusutan) atas penggunaan Aset selama periode 2014 sebesar 50.000 (1/20 x 1.000.000). Beban ini disajikan di Laporan Laba Rugi.


Biaya tidak selalu menjadi Beban, contohnya pada pembelian Tanah. Untuk mendapatkan Tanah, Perusahaan mengeluarkan Biaya tetapi tidak akan pernah menjadi Beban karena Tanah tidak disusutkan.

Perbedaan Beban dan Biaya tidaklah sulit untuk dimengerti sepanjang kita tahu esensi dan fungsi dari keduanya.

Perbedaan Beban dan Biaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Danang Widi

0 comments:

Post a Comment