Newbie Belajar Akuntansi


Monday, March 14, 2016

Rumus VLOOKUP dengan Data di Sebelah Kiri

Rumus VLOOKUP dengan Data di Sebelah Kiri - Kalian semua pasti sudah pasti akrab dengan yang namanya rumus VLOOKUP. Rumus pencarian yang masuk kategori Lookup & reference ini banyak sekali berguna untuk membaca kode barang atau data-data yang lain. 


Namun rumus VLOOKUP memiliki satu kelemahan, yaitu table array yang akan dibaca harus berada di kolom paling kiri, sedangkan lookup value yang dicari ada di sebelah kanannya. Lalubagaimana jika anda memiliki data yang mana lookup value yang anda cari ada di sebelah kiri dari table array? Lihat contoh data berikut.



Kita memiliki data KODE yang perlu kita lookup barang apa yang direpresentasikan oleh kode tersebut. Dengan kondisi seperti ini, maka VLOOKUP tidak bekerja, karena data lookup value berada disebelah kiri dari table array. Terus solusinya? Solusinya adalah dengan menggabungkan fungsi MATCH dan INDEX.

MATCH: formula untuk mencari pada baris berapa cell yang isinya MATCH (sama).
INDEX: membaca isi dari cell pada baris tertentu yang dibaca oleh MATCH.

Binguuung? Sama! Kalau hanya baca teori seperti itu memang sedikit puyeng. Biar kita bisa memahami logika rumus tersebut, langsung saja praktek dengan data yang kita punya di atas. Lihat kertas kerja latihan berikut:


Formula untuk contoh diatas adalah, pada cell F3 masukkan:

=INDEX($B$2:$B$9;MATCH(E3;$C$2:$C$9;0))

Penjelasan:

MATCH(E3;$C$2:$C$9;0): Konten pada cell E3 berada pada baris keberapa di array $C$2:$C$9. Angka "0" adalah untuk pencarian pasti (jika data tidak ada yang sama persis akan eror).

Setelah itu, MATCH akan dikombinasi dengan INDEX:
INDEX($B$2:$B$9;MATCH(E3;$C$2:$C$9;0)) : Mencari konten yang berada pada baris yang telah dibaca oleh MATCH.

Tanda $ adalah tanda absolute/kunci, supaya array tidak lari ke area selain yang telah di kunci. Maka setelah diterapkan maka tingal copy formula di cell F3 ke cell-cell dibawahnya. Untuk lebih mudah mempelajarinya maka contoh soal diatas bisa di download pada link di akhir artikel ini.






Rumus VLOOKUP dengan Data di Sebelah Kiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Danang Widi

0 comments:

Post a Comment